Monday, September 23, 2013

Obat Tradisional Batuk Berdahak dan Kering

Penyakit batuk mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajar dan umum bagi setiap orang. Ya, siapa sih yang tak pernah terserang oleh penyakit batuk ini??? Pastinya pernah semua bukan??? Pak presidenpun juga pernah batuk lo hehhehe, gak percaya coba aja tanya pisss bercanda.
Obat Tradisional Batuk Berdahak Kering
Obat Tradisional Batuk Berdahak dan Kering
Penyakit batuk ini sendiri banyak macamnya loo, ada batuk asma, batuk kering, berdahak, brongkits, bahkan yang mengerikan adalah batuk TBC. Jenis batuk ini bisa menular melalui firus, yang menyebar diudara sekitar orang yang sakit.

Namun untuk kali ini blog Info kesehatan akan mencoba membahas cara mengatasi batuk berdahak dan batuk kering secara alami (menggunakan bahan tradisonal). Sebenarnya banyak obat yang sudah ditawarkan di apotek namun cara ini bisa menjadi solusi sehat menggunakan bahan alami, bebas kimia.

A. Obat Tradisional batuk secara keseluruhan
  • Asam Jawa dengan Gula Merah
    1. Bahan-bahan yang harus anda persiakan: Asam jawa sebanyak 10 gram (ambil daging asamnya), gula merah seperlunya saja, serta air panas  dengan takaran satu gelas air panas.
    2. Cara pengaplikasian gula merah dan asam jawa: seduhlah asam jawa menggunakan air panas yang sudah anda siapkan, lalu masukan juga gula merah secukupnya. Minum air ramuan ini sehari 2 kali, dan minumlah selagi air masih hangat.
  • Madu dan Jabe Jawa
    1. Bahan yang harus anda siapkan: madu murni secukupnya saja, serta cabe jawa (cabe jawa kriting sebanyak  6 gram) 
    2. Cara pengaplikasinannya: tumbuk sampai halus cabe jawa kering yang sudah anda siapkan, lalu minumlah cabe ini dengan satu sendok madu murni dengan takaran satu hari sekali saja. Kerjakan cara pengobatan ini sampai batuk sembuh.
  • Ramuan dengan Jeruk Nipis dan kapur sirih
    1. Bahan bahannya: jeruk nipis yang masih segar satu butir buah, gula batu seperlunya, sepucuk jari kapur sirih.
    2. Cara membuat ramuannya:  belahlah menjadi 2 jeruk nipis segar. Untuk bagian yang terbelah olesi dengan kapur sirih, diamkan sebentar buah jeruk. Langkah selanjutnya bakar bagian kulit luar jeruk nipis samapi mengeluarkan buih. Peras jeruk nipis tambahkan sedikit gula batu aduk hingga rata. Minumlah air perasan ini.
  • Daun minyak Kayu Putih
    Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan ketika sedang masuk angin, anda dapat memanfaatkan daun minyak kayu putih untuk obat batuk berdahak anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
    1. Siapkan sebanyak 10gram daun kayu putih
    2. rebuslah dengan air bersih 3 gelas, rebus hingga air hanya tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan ini selagi masih hangat.
B. Cara Mengobati Batuk Kering
  • Rempah Jahe Merah
    Caranya pemanfaatan jahe merah untuk obat batuk kering cukup mudah, yaitu hanya mengupas jahe merah, kemudian kunyah jahe, sesap airnya saja, untuk ampas dapat anda buang.
C. Cara Mengobati secara tradisonal Batuk Berdahak
  • Bahan-Bahan yang harus anda persiapkan terlebih dahulu: Air perasan jahe sebanyak 2 sdm (sendok makan), Air perasan kunyit 2 sdm (sendok makan) juga,  sebuah jeruk nipis (peras dan ambil airnya) , satu sendok makan madu yang masih murni.
  • Cara pengaplikasinnya: campurkan kesemua bahan, antara jahe, madu murni, air perasan kunyit dan air jeruk nipis menjadi satu, aduk hingga bahan tercampur rata. Gunakan ramuan ini untuk mengobati batuk berdahak anda rutin sampai batuk anda sembuh.
Itulah beberapa pilihan untuk mengobati batuk, baik batuk biasa berdahak ataupun batuk kering. Semoga artikel Info kesehatan kali ini bermanfaat, salamat mencoba, semoga lekas sembuh. Mohon maaf jika terdapat salah dalam penulisan kata.

2 comments: